Ads Top

Diskusi Harga Desain



Diskusi Harga Desain
Dalam pengalaman saya sebagai freelance designer harga desain adalah satu-satunya variable yang sangat sulit untuk ditentukan. Kalo saya patok terlalu tinggi klien bisa pergi mencari desainer lain, kalo terlalu rendah klien senang tapi saya merasa terjebak dalam kontrak kerja ujung-ujungnya kerja gak ikhlas :(
Dalam penetapan harga desain ada satu hal yang harus diperhatikan yaitu jujur pada diri sendiri. Layakkah desain saya dihargai sebesar ini? untuk memahami “kelayakan anda” anda bisa melihat hasil-hasil karya desainer lain, tukar informasi dengan teman sesama desainer dan biasanya untuk bisa menetapkan harga desain saya buka forum-forum diskusi yang membahas mengenai harga desain.
Berikut beberapa cuplikan diskusi yang saya dapat dari kaskus.com untuk anda sebagai bahan pertimbangan untuk menetapkan harga desain anda.
- kalo design kaos dapet bayaran berapa ya?
buat pemula 50rb/desain, kalo dah lumayan minimal 300rb ato lebih
- klo buat brosur mah paling klo gau paling tinggi nyampe 500rb per desain + 3 alternatif.
- maskot gue bisa kasih ampe 3,5 jutaan
- brosur menurut gue 500 rb itu standar kalo bisa charge ampe 750 ampe 1 juta juga oke
- biar gak rugi kalo mau design brosur gitu chargenya per halaman bos
misal 1 halaman 350 ribu berarti kalo bolak balikyah bayar 600 rb
- klo buat brochure skitar 750an keatas, klo client-nya middle.
Corp identity mulai 4jt’an. Poster mulai dari 2.5 ampe 3jt.
- kalo 80 rb bikinnya cuma sejam teru sgak ada revisi yah mungkin masih okelah
Tapi kalo dengan 80 rb masih bawel juga menurut gue jangan diambil jobnya
kalo menurut gue bikin spanduk gotu minimal 250 ampe 500 rb an lah
- logo dan stationery antara 3 – 6 juta brosur antara 450rb ampe 1,5 juta
kalo desain buku gitu kita2 perhalaman gue charge 150 rb ampe 200 rban lah
packaging gue chargenya 750 – 2juta (tapi setahu gue packaging itu banyak
orang bilang harus paling mahal minimal kepala 2)
- anniversary cardnya tergantung halaman charge aja perhalaman 350 rb jadi kalo desainnya lipet2 yah kali 4 aja berarti 1,5 jutaan kira2 notepad kasih aja antara 500 rb ampe 1 juta (kalo desainnya simple mungkin 1 juta agak mahal)
kalo agenda lo mesti charge per halaman khan beda2 tiap halaman)
mousepad sama lah kira2 harganya
kalo stationery (kartu nama, kop surat, amplop) kasih aja 1-2 jutaan)
harga di atas gak termasuk illustrasi dan photography atau stock images
berarti total 5 jutaan kira2 naikkin aja sedikit buat di tawar
- Logo : tergantung deh… untuk komersil minimum 1jt… sampai yg paling tinggi sekitar 25jt (sayangnya gw msh kerja sama orang lain) :o
Untuk logo non-komersil (misalnya buat teman)… yah 500rb jg dah ok… yg penting gak bawel ajah…
- Leaflet & poster : 750rb s/d 1,5jt
- Labels (food & beverage) : 5 s/d 10jt
- Banners (horizontal, vertical, x-banner, dll) : 750rb s/d 1,2jt
- Standar harga desain yang benar biasanya menggunakan rumus
(10-20% ongkos produksi = biaya desain) alias ongkos produksi+10-20%= biaya keseluruhan
- bikin flyer jg pernah..cuma modal ganti poto doank..gua pasang harga 300rb/flyer..nah ini nih yg kynya agak kemurahan..
jadi merasa rugi 
:( :( gua dnger2 org ini biasa bikin flyer gt bisa 1,5jt/flyer..
giling..gua pasang harga cuma 1/5 nya..pantes ga pake nawar2 waktu itu.. 
:(
- bikin album wedding juga pernah..200rb/album isi 20hlm (10 sheet)
- desain 6 halaman per page @ 250rb apabila 60 halaman kita charge per page @150
Diskusi diatas bukan patokan harga mati tapi setidaknya kita mendapat informasi tambahan “ada juga yang dibayar segitu!”. Dari situ kita bisa memperhitungkan harga desain yang akan kita tetapkan disesuaikan dengan kelas klien (Hi/Mid), tipe klien (rese/santai) dan variabel-variabel lain yang bisa anda ambil untuk menetapkan harga desain anda. Namun hati-hati terjebak antara rasional dengan ekspetasi, harus tetap berprinsip win-win solution agar hubungan anda dan klien tetap terjalin dengan baik.
Bagi para pembaca dimohon komentar dan masukan harga desain yang pernah anda buat dan yang biasa anda tetapkan. Semoga ditempat ini bisa menjadi tempat berbagi informasi harga desain, membantu mereka yang baru memulai karir sebagai desainer dan memberikan pemahaman kepada para calon klien atau perusahaan untuk lebih menghargai desain. Salam.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Salam boss, ikutan comment yah :)
Saya juga seorang graphic designer di ‘Jakarta’.. :) baru sekitar 4 tahunan aja jd freelance.
Dari comment2nya terlihat jelas mang harga standard kota Jakarta ‘mungkin’ memang lebih tinggi dari kota lain. Harga gw juga ga jauh beda ama Bung donnyrahman. Untuk sekedar share aja harga desain gw:
======
Logo Only : 2,5 juta – 10 juta (6-8 alternative)
Stationary : 500 ribu – 1 juta (3 alternative)
Maskot: 2 – 4 juta (3 alternative)
Brosur- Spanduk- X-Banner: 350 ribu – 700 ribu (3 alternative)
Website :
html only : 4 juta (5 – 10 page)*
php with engine : 5 juta – 8 juta*
Cover Buku :
500 ribu – 1,5 juta (3 alternative)
Layout Buku :
BW text only (novel) = 3 ribu/halaman
BW text + foto/ gambar = 4 ribu/halaman**
FC text + foro/ gambar = 8 ribu/halaman – 25 ribu/halaman**
Layout Majalah : 75 ribu/halaman – 200 ribu/halaman
*belum termasuk hosting dan beli nama domain
**foto/ gambar dari client
======
Untuk harga design2 lainya blom punya, coz gw blom pernah bikin/ dapet project selain diatas. Kadang nemu temen atau senior dengan harga yang lebih mahal. Ada juga nemu orang dengan harga yang MURAH BANGET. Tapi Alhamdulillah sampai saat ini client-client blom pada lari dengan harga gw itu. hehehe.
Kenapa ga bikin standard harga design aja ya di Indonesia? Dari Asosiasi Designer Grafis Indonesia (ADGI) netapin standard harga minimum design gitu. Di publish di majalh concept. kan jadi enak klo ada harga standard minimum, jadinya ga ada kecemburuan sesama designer yang iri melihat si A bisa dapet segitu. Gara tinggal di daerah gw ga dapet sgitu. hehehe.

Wacana menarik untuk ikutan nimbrung....

Saya nubie yang baru 10 thnan berkecimpung di dunia kreatif desain ini memang merasakan penurunan apresiasi pasar (baca klien) terhadap nilai sebuah jasa desain dalam 2/3 tahun belakangan ini. Dulu2 mah saya pribadi bisa seenaknya masang tarif sesuai dengan positioning saya. Contoh, untuk developing lengkap sebuah corporate identity/logo/branding saya (secara pribadi) biasa pasang rate antara 7,5-25 jtan (tergantung sbrp rumitnya aplikasi). Untuk media below the line (brochure, flyer, POS, etc) starting rate antara 5k-up. Tapi itu dulu...

The fact, melihat kondisi real (perekonomian Indon) sekarang-dimana budget promosi perusahaan ditekan habis2an, pemakai jasa desain (biasanya perusahaan menengah atas) akan berpikir ulang untuk meng-hire seorang desainer/agency untuk project2 komunikasinya. Mereka cenderung untuk memanfaatkan pegawainya sendiri (PR inhouse, marcomm) drpd harus meng-hire/outsourcing seorang desainer/agency 'beneran'. Untuk mereka, prioritas yang terpenting skr adalah komunikasi perusahaannya bisa jalan dulu (aspek estetis nomer sekian deh, dibilang jelek ya bodo amat). Andaikata terpaksa harus outsource, maka gampang ditebak, cari harga jasa desainer yang termurah, yang penting brosur saya bisa dicetak... (tipikal klien Melayu).

Analisa saya yg lain adalah, semakin murahnya harga unit komputer. Bayangkan, sekarang dengan punya uang minimal 3 jutaan, anda akan mendapatkan sebuah unit komputer yang siap 'kerja'. Dan ditunjang dengan maraknya software2 grafis bajakan yang murah. Dengan uang 25 ribu, Anda akan mendapatkan berbagai software grafis dimana2, bahkan bisa gratis tinggal download. So everybody wants to be a designer, right now. Asal bisa kutak katik dikit Illustrator, Coreldraw, Photoshop, besoknya bikin kartu nama dengan embel2 "Graphic Designer". Hoho.. that's right?

Menurut saya, graphics design itu ada ilmunya. Ilmu graphics design itu bukan sekedar bisa menjalankan aplikasi grafis di komputer. Klak klik bentar langsung jadi... Typografi, Ilustrasi, fotografi itu adalah bagian dari ilmu desain grafis yang harus difahami dengan baik oleh para desainer sebelum menghasilkan karya yang siap tayang. Belum lagi konsep dll. Juga jangan dilupakan, kuliah di jurusan desain itu gak murah (kuliah di kampus beneran ya, bukan kursus ecek2 2-3 bulan kelar). Buku2nya aja udah ketauan khan berapa?


Dampaknya apa? Contoh kecil aja, silakan buka2 Yellow Pages, dan lihat desain2 logo tiap perusahaan yang ada disitu, silakan bandingkan dengan logo2 di luar sana. Itu baru desain logo. Belum media lainnya yang banyak kita dapatkan darimana2 (brosur/flyer/booklet dll). Silakan benchmark output desain2 yang ada di 'sini' dengan 'sono'.

Maaf, bukannya saya menyudutkan para desainer2 dadakan. Saya juga masih nubie yang masih terus belajar 'how to be a good designer'. Maaf juga kalau saya salah forum. Tapi anggap aja ini sebuah pepesan kosong saja. Saya cuma prihatin melihat di kondisi dunia jasa desain Indonesia saat ini, dimana apresiasi pasar terhadap jasa desain sudah sangat rendahnya karena ketiadaan sistem yang baik. Coba saja bandingkan design fee seorang desainer grafis profesional dengan negara2 tetangga kita. Dengan skill yang sama, 'disono' memang jauh lebih menjanjikan.

Jadi jangan terlalu berharap banyaklah saat ini dengan dunia graphics design di Indonesia. Semoga saja teman2 di FDGI memperjuangkan nasib rakyat para profesional desainer Indonesia. 

Tetap semangat!

wah wah.. g ngerti penderitaan para designer2 lain...
g jg otodidak 
http://static.kaskus.us/images/smilies/sumbangan/6.gif belajar 3 taon sampe tulang bungkuk dari buku, tutorial, pengalaman orang, internet, dll dll.
ga sehebat designer yang ada formal education sich .

btw back to topic.. harga design..
bahas yang paling sering muncul di pasaran aja yah

logo perusahaan yang medium size - 1.500.000 ( 4x revisi )
logo perusahaan kakap - 5 jutaan ( ga ada batas revisi )
bikin website - tergantung total page dan teknik ( 1 page minimal 250.000 max. ga ada kadang2 ada aja 5 juta per page.. kl flash itung persecond minimal 25.000 )masi harus itung entah itu pake flash, database apa, banyak d ini. g ga mau pusing so g sewa programmer yang freshgraduate, murah - jago - kl bisa cantique 
http://static.kaskus.us/images/smilies/sumbangan/6.gif
design tshirt - 50.000 -> 125.000 ( biasanya sekali bikin per 10 design )
design name card - ini g rada ogah2an, sapa jg mau bayar 300.000 buat design kartunama and sapa jg mau dibayar cm 50.000 buat design ginian, ada sich tapi jarang. biasanya ambil untung dari ongkos cetak aja..
GSM - 20.000.000 - 40.000.000 lengkap
CP - 15.000.000-20.000.000 lengkap sample, +digital ( dlm btk cd )

-ada lubang2 cari uang buat designer, orang bilang designer ga bisa kelaparan.. g setuju bgt.
waktu g lagi bokek2nya dan pas event2nya mau kelulusan anak SMA, g muka tebel datengin per skolah, buat apa? g mau cetak + design annual bookna mereka. why? easy boss, untungnya lumayan.
agak capek tapi worth it. sekali kerja ( bilang lah 2 minggu banting tulang ) bisa dapet 5-7 jt.. kan mayan bro..
dgn sedikit pendekatan bicara..
"pak guru bukuna 1 orang kenanya 165.000 ( padahal 140.000 , berarti untung 25.000 kaliin aja 300 siswa ) saya kasih gratis aja d design saya kan alumni sini"
sedikit tips : deketin ketua osis, guru penanggung jawab, guru pengawas,
biasanya mereka harus dapat komisi ( maksimal 5% dari nilai project, kasih 500-700ribu jg udah seneng anak sma mah ) ini lumrah anggap aja mereka mediator project, ga kotor kog emang setiap orang yang kasih kita project harus kita kasih komisi.


-biasanya lubang2 cari duit yang lain jg hubungan aja ama percetakan, ini paling ok deh, apa aja bisa ditampung, cetak paperbag bisa dapet untung 2-3 juta ( tanpa design, kl plus design tambahin aja lagi nyam.. )
tips : cari percetakan yang bisa kasih murah tapi kualitas yang ok, biasanya percetakan yang bisa manfaatin kertas2 bekas. (bkn kertas kotor, cm kertas bekas)

-bikinin project anak2 kuliahan kurang lebih 1 jutaan
tips : anak mesin ga pake ginian, deketin anak IT, SI, DKV. gimanapun jg mereka kalah jam terbang ama kita, so cepet lambet yang ga berbakat dan cuma mau lulus pasti mau bayar.

-apalagi yah.. mm.. warnet.. logo warnet.. ada sich, tapi ga gitu gede, cm dibayar main gratis.. temen sich hahaha...

masih banyak bgt.. nanti di bagi lagi kalau ada ingat lagi.
mudah2an bermanfaat

sekedar share aja, kalo wa bikin 1 brosur A4 4/4 minim 1,5-3jt. Yah bego banget kalo mau dibayar murah...http://static.kaskus.us/images/smilies/sumbangan/q11.gif Lagian ngedesain tuh susah Bro...
Bukan susah ngejalanin softwarenya, tapi inspirasi ma kreatifitas yg bikin mahal. Kalo lagi mulai n belajar sih, gpp deh dibayar murah... (pertama kali desain wa dibayar nasi padang hahahahaha...) sekalian buat nambah pengalaman... tapi yah ga bisa dijadiin terus-terusan... Yah kalo lo yakin ma desain lo bagus, ga ada salahnya lo charge mahal.... yg penting kualitas ma memuaskan konsumen... (Soal memuaskan konsumen sih bukan hanya soal skill desain sih... Speak-speak disini juga penting bro) 
http://static.kaskus.us/images/smilies/sumbangan/07.giftergantung cara lo meyakinkan mereka aja... Anyway, wa blom pantas, kalo disebut sebagai desainer, cuz wa ngerti kemampuan wa masih kalah jauh sama suhu-suhu forum desain.. http://static.kaskus.us/images/smilies/sumbangan/47.gif yah desain cuma buat sampingan ajah... lumayan sebulan cuma tinggal cari 2-3 orderan yang bisa dikerjain dalam 1 minggu...

jadi tinggi dan rendahnya harga terserah lo... kalo sekarang nilainya dibawah 1,5jt, wa mending tolak... yah anggep aja ni opportunity cost, sebab sekali lo pasang harga rendah, wah bisa bahaya bro... lo ga bakalan kaya yang ada malah lo senewen gara-gara dikejar deadline sama client... yg ujung-ujungnya malah ga keluar ntu inspirasi... lagipula kalo salah satu klien bocorin harga lo ke calon klien, wah sampe mules nunggu tetep aja harga ga naek-naek...

ga usah takut bro, pasang harga tinggi... karena tidak semua orang memiliki bakat seni...

viva desain grafis Indonesia!!!

[OOT] Biaya ngebuat Flyer

semoga nih bisa jadi bahan acuan buat lo yang mo cetak-mencetak

Berapa biaya yang dikeluarkan untuk membuat sebuah flyer?
berikut ini basic price buat dikebet, supaya tidak ketipu ama percetakan...

1. Film
Sebelum lo ke percetakan, lo harus buat film. Separasi biasanya membutuhkan 4 warna (Cyan, Magenta, Yellow, Black).
Untuk yang lebih advance lagi, mungkin lo bisa main di 2 atau 3 warna untuk berhemat.
Sebuah film 4 warna ukuran A4 biasanya lo bisa tebus dengan harga 60.000-an

2. Kertas
Yang paling populer untuk bikin flyer biasanya memakai kertas ART KARTON, ketebalan kertas bisa lo pilih. Pilih kertas yang tidak terlalu tipis, biasanya orang lebih suka dengan kertas yang tebal. Art karton 260 sampai 310 biasa di pakai. Di toko kertas mereka tidak menjual ukuran yang kita inginkan, mereka jual biasanya dengan 2 ukuran, 65 x 100 dan 79 x 109. Sebuah kertas Art karton 310 ukuran 65 x 100 biasanya dijual dgn harga Rp. 2500 selembar, lo bisa minta mereka potong kertas itu sesuai ukuran FILM yang lo bikin.

Jenis kertas lain yang lagi trend saat ini adalah IVORY, ciri cirinya adalah salah satu permukaannya lebih kasar dari yang lain. biasanya sisi yang kasar ini yang dicetak. kelebihannya adalah menyerap warna lebih baik dibandingkan sisi yang halus. kelemahannya adalah membutuhkan waktu lebih lama untuk kering. harga kurang lebih sama dengan ART Karton...

3. Percetakan
Sesudah bikin film, dan beli kertas, lo bawa itu semua ke percetakan yang lo mau. Percetakan biasanya mempunyai 2 jenis mesin, ini harus lo perhatikan karena berpengaruh dengan luas cetakan yang akan lo buat. jenis pertama adalah GTO, yang mempunyai ukuran 36 x 52 cm, yang kedua adalah SORM, yang berukuran 69 x 100. Sesuaikan ukuran Film dan Kertas sesuai jenis mesin yang akan lo pakai. Gua biasanya memilih GTO karena ongkos cetak yang lebih murah. Satu tips lagi adalah, maksimalkan film dan kertas yang lo pakai, pergunakan sebesar mungkin luas yang lo pakai. Gua biasanya masukkan semau design yang gua ingin cetak, flyer bolak balik dan invitation. Jadi dalam sekali cetak lo bisa dapat semua.

Untuk ongkosnya biasanya dihitung berdasarkan berapa warna yang lo pakai.
Mesin GTO biasanya dihargai 80.000 per warna. Jadi jika lo pakai 4 warna, ongkos cetaknya adalah 320.000...
Jumlah maksimal yang diperbolehkan biasanya tidak lebih dari 3000 x naik cetak (3000 kertas). Sekali lagi, maksimalkan ukuran kertas yang lo akan pakai, karena akan lebih murah ongkos cetaknya.

4. After effect / Finishing touch
- Laminating dop
paling populer, harga Rp. 0.20 / cm persegi
- Glossy finish Rp. 0.08 / cm persegi
- UV Spot Rp. 0.25 / cm persegi + biaya film
- Pisau Pound (untuk bentuk aneh aneh) 60.000 - 300.000 , ongkos potong 60.000 / 1000 lembar

Cetak mencetak flyer kalau sudah tahu caranya mending dikerjakan sendiri, akan lebih hemat lumayan banyak, apalagi jika elo bisa optimalkan cost yang lo keluarkan dengan jumlah cetakan yang diinginkan.

Kalau bingung cari dimana tempat yang nyediain semua ini, biasanya gua ke daerah belakang permata hijau, Jl. kebayoran lama, disana lo bisa temuin mulai dari tempat bikin film sampai ke tempat finishing...

Semoga membantu dan berguna...

No comments:

Powered by Blogger.