Ads Top

Cara Daftar ke Google Adsense

Melengkapi seri Panduan Lengkap Dasar Menjalankan Google Adsense, artikel ini mengupas tentang langkah-langkah dasar bagaimana cara daftar ke Google Adsense atau mengajukan permohonan menjadi penayang Adsense.
Saya masih ingat, dulu ketika pertama kali mendaftarkan blog ke Adsense. Google Adsense adalah sesuatu yang sangat asing. Sampai-sampai saya meminta bantuan seorang teman untuk mendaftar ke Adsense. Meskipun begitu, tetap saja saya masih merasa ragu apakah segala sesuatunya sudah dilakukan dengan benar.
Iklan
Dan bagi Anda, yang mungkin belum mengetahui apa itu Google Adsense: Adsense adalah sebuah program periklanan yang disedikan bagi pemilik website untuk dapat memperoleh penghasilan dengan cara bagi hasil dengan Google. 
Nah, berikut adalah langkah-langkah sangat mendasar bagi pemula, yang belum yakin bagaimana cara mengajukan permohonan menjadi penayang Adsense:
Namun sebelumnya, ada beberapa pra-syarat minimal yang mesti Anda penuhi sebelum mendaftar Adsense, yaitu Anda mesti memiliki website / blog dan sudah berusia +18 tahun.
Untuk syarat-syarat minimal lain agar memastikan pengajuan Anda diterima, 

Langkah daftar ke Adsense

Adsense menerapkan proses 2 tahap dalam menyeleksi calon publisher mereka. Untuk jelasnya, silakan baca: Dua Tahapan Proses Persetujuan Adsense.
Namun secara sederhana prosesnya sebagai berikut:
  • Mengisi formulir pendaftaran
  • Menerapkan kode iklan di website / blog
  • Akun Anda akan di-review
  • Disetujui atau ditolak
Setelah semua dirasa cukup, maka Anda siap mengajukan ke Google Adsense.

Panduan langkah demi langkah mendaftar Adsense

Pergilah ke halaman pendaftaran Adsense. Setelah terbuka Anda disuguhi pilihan apakah ingin membuat akun Google baru atau menggunakan akun Google yang telah Anda miliki sebelumnya.
Jika Anda memiliki alamat email menggunakan domain Anda sendiri, saya sangat menyarankan untuk menggunakan email tersebut, karena akan lebih mudah diterima. Jika tidak, Anda boleh menggunakan GMail yang sudah Ada miliki saat ini.

Informasi detil web



Formulir ini sudah sangat jelas. Anda hanya perlu mengisi alamat website / blog serta memilih bahasa konten website / blog Anda. Jika mau (dan itu lebih baik), Anda membaca terlebih dahulu ‘term and condition’ sebelum mengklik tombol‘Lanjutkan’.
Pastikan, Anda mengisi alamat website / blog dengan benar, tanpa ‘http://’.

Informasi kontak



Inilah langkah paling penting yang perlu diperhatikan dengan seksama. Saya masih ingat dulu pun saya membuat beberapa kesalahan dalam langkah ini.

Pertama dan yang paling utama adalah, perhatikan ‘Nama penerima pembayaran’. Jika Anda memiliki rekening bank, pastikan nama ditulis persis sesuai nama pada akun bank Anda dan kartu identitas, karena Adsense akan mengirimkan pembayaran dengan nama tersebut, baik melalui Western Union, Cek maupun via transfer kawat.
Ingat, sekali Anda nanti diterima Anda tidak bisa merubah ‘nama pembayaran’ ini, untuk itu pastikan sekali lagi, Anda telah mengetikkan nama dengan benar.
Lengkapi seluruh kolom isian. Tulislah alamat sesuai kartu identitas, dan pastikan alamat ditulis dengan lengkap untuk memastikan PIN verifikasi alamat sampai ke alamat rumah Anda.
Setelah semua dirasa sudah sesuai, terakhir klik ‘Kirim permohonan saya’.
Selanjutnya Anda tinggal menunggu balasan dari tim Adsense. Jika Anda lolos pada tahap pertama, Anda diminta untuk menerapkan kode iklan di website / blog, kemudian akan ditinjau kembali untuk kedua kalinya. Jika semuanya berjalan baik, Anda akan menerima pemberitahuan Anda disetujui menjadi penayang Adsense.

Bagaimana jika saya sudah memiliki akun Adsense hosted sebelumnya?

Bila Anda telah memiliki akun Adsense hosted sebelumnya, seperti dari Youtube atau Hubpages, Anda dapat melewati semua proses di atas, karena pada dasarnya Anda telah memiliki akun Adsense. Hanya saja, akun Anda hanya bisa digunakan pada website host atau situs mitra host Adsense.
Caranya, masuklah ke akun Adsense Anda. Klik gambar roda gigi pada bagian kanan atas, lalu pilih ‘Setelan’.
Pada tab ‘Akses dan otorisasi’, sub menu ‘Otorisasi situs’, isilah kolom ‘Saya akan menampilkan iklan di:’ dengan alamat website / blog Anda.


Lalu klik ‘Kirim’. Berikutnya, Anda tinggal menunggu review tahap kedua.

Bagaimana jika saya menggunakan blogger (blogspot)

Blogger adalah salah satu mitra host Adsense (Untuk daftar situs mitra host Adsense lainnya, bisa Anda temukan pada: Daftar Situs Mitra Host Adsense).Artinya, Anda dapat memperoleh akun Adsense hosted, yaitu akun yang hanya dapat digunakan pada situs mitra host tempat Anda mendaftar Adsense.
Setelah blog ‘blogspot’ Anda siap, Anda dapat langsung mendaftar ke Adsense dengan mudah langsung dari dasbor Blogger.

Caranya:Klik tab ‘Penghasilan’ pada dasbor Blogger.

Tips:
Jika Anda mendapati tab ‘Penghasilan’ tidak muncul di dasbor Blogger, pergilah ke ‘Setelan’, rubah bahasa konten blog Anda ke Bahasa Inggris. Lalu refresh halaman.

Kemudian klik ‘Mendaftar Adsense’. Selanjutnya, Anda dapat memilih menggunakan email yang sama atau membuat email yang baru. Untuk praktisnya, pilih saja email yang sama dengan email akun Blogger Anda.

Terakhir klik ‘Setujui pengaitan’. Selanjutnya, sama saja dengan tahapan proses seperti di atas. Anda tinggal menunggu peninjaun dari tim Adsense. 

Saya harap panduan ini dapat berguna bagi Anda yang ingin memiliki akun Adsense dan mulaimenghasilkan uang dari blog. Selamat dan sukses selalu.

No comments:

Powered by Blogger.